ANALISIS SWOT BANK BUKOPIN Tbk.
MANAJEMEN PEMASARAN ERA
REV.INDUSTRI 4
Nama : Rr. Brigita Afaniseva
NPM
: 16216698
Jurusan : Manajemen
Kelas :
4EA22
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2019
PROFIL
PERUSAHAAN (BANK BUKOPIN Tbk.)
PT Bank Bukopin Tbk. (selanjutnya
disebut Perseroan) berdiri pada tanggal 10 Juli 1970. Sejak awal pendiriannya,
Perseroan telah menfokuskan diri pada segmen Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan
Koperasi (UMKMK) yang menjadi penyokong utama pertumbuhan ekonomi nasional.
Perseroan terus tumbuh dan berkembang menjadi bank yang masuk ke kelompok bank
menengah di Indonesia dari sisi aset. Hingga akhir tahun 2015, aset yang
dimiliki Perseroan mencapai Rp94,37 triliun. Seiring dengan terbukanya
kesempatan dan peningkatan kemampuan melayani kebutuhan masyarakat yang lebih
luas, Perseroan melebarkan sayap bisnisnya ke segmen komersial dan konsumer.
Perseroan memiliki komitmen yang
tinggi untuk mewujudkan visi sebagai perusahaan yang terkemuka dalam pelayanan
jasa keuangan yang terintegrasi. Selain terus memperkuat aspek internal,
Perseroan juga terus memperkuat struktur modal agar memiliki daya saing yang
lebih besar.
Melalui struktur permodalan yang
terus diperkokoh sejalan dengan perkembangan usahanya, penanganan pengendalian
risiko dan pengawasan intern yang terus ditingkatkan, pengembangan produk dan
jasa perbankan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar, pengembangan
sumber daya manusia secara berkesinambungan, serta peningkatan mutu pelayanan
sehingga memenuhi harapan nasabah, Perseroan siap meraih pertumbuhan jangka
panjang yang berkelanjutan.
Perseroan juga memiliki dua anak
perusahaan, yaitu PT Bank Syariah Bukopin dan PT Bukopin Finance, dengan hasil
usaha yang dikonsolidasikan ke dalam Laporan Keuangan Bank Bukopin. PT Bukopin
Finance (d/h PT Indo Trans Buana Multi Finance) didirikan pada tanggal 11 Maret
1983, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sewa guna usaha
dan multi inance. Sedangkan Bank Syariah Bukopin (d/h PT Bank Persyarikatan Indonesia),
didirikan pada tanggal 29 Juli 1990 yang bergerak di bidang perbankan berbasis
syariah.
Dasar Hukum
Pendirian
Akta Pendirian tertanggal 25
Februari 1993 No.126 yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman RI tertanggal
29 Juni 1993 No.C2-5332.HT.01.01TH.93 dan telah diumumkan dalam Berita Negara
RI tertanggal 10 Agustus 1993 No.64 Tambahan No. 3633
Visi
1.
Menjadi bank yang terpercaya dalam pelayanan jasa keuangan.
Misi
1. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah
2. Turut berperan dalam
pengembangan usaha menengah, kecil, mikro dan koperasi
3.
Meningkatkan nilai tambah investasi pemegang saham dan
kesejahteraan karyawan.
Kelebihan :
1. Daya
tawar pemasok tiggi
2. Daya
tawar nasabah/pembeli tinggi
3. Pengawasan
ketat
4. Teknologi
Multi Protocol Label Switch (MPLS) dan kondisi keuangan dan modal yang kuat
5. Tabungan berjangka
dengan potensi bagi hasil yang kompetitif
6. Sistem akad yang membuat
konsumen merasa nyaman
Kekurangan :
1. SDM
masih rendah
2. Pemasaran
kurang agresif dan kantor cabang masih kurang
3. Kasus korupsi yang membuat
masyarakat menjadi khawatir apabila menyimpan dana mereka di bank Bukopin
4. Biaya administrasi yang
masih tergolong tinggi
5. Anggapan negatif masyarakat
Peluang :
1. Regulasi
yang jelas
2. Tumbuhnya
teknologi jaringan dan daya beli masyarakat meningkat
3. Masyarakat mulai paham
tentang keuntungan akan adanya bank Bukopin
4. Meningkatnya peminat
bank Bukopin di Indonesia
Ancaman :
1. Ancaman
pendatang baru yang tinggi
2. Ancaman
produk pengganti yang tinggi
3. Tingginya kompetitor
dalam mempromosikan produknya
4. Intensitas
persaingan
5. SDM masih
kurang dan munculnya undang-undang perbankan yang
memungkinkan asing berinvestasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar